Senin, 28 Maret 2011

Kunci Sukses Bisnis Rumahan

Menjalankan bisnis dari rumah, sering dijadikan sebagai langkah awal masyarakat untuk memulai sebuah usaha. Meminimalisir modal dengan memanfaatkan potensi yang ada di rumah, serta tidak ingin melalaikan urusan keluarga menjadi motivasi terbesar masyarakat, hingga akhirnya mereka memilih bisnis rumahan sebagai usaha yang dijalankan. Mungkin benar bila menjalankan bisnis rumahan, bisa menekan biaya dan tidak perlu meninggalkan tugas Anda bagi keluarga. Namun, untuk bisa sukses menjalankan bisnis rumahan ternyata tidak seinstan yang dipikirkan banyak orang. Dibutuhkan perencanaan bisnis yang matang serta tekad dan keyakinan kuat, agar bisnis rumahan yang dijalankan mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan usaha. Kebanyakan orang gagal menjalankan bisnis rumahan, karena mereka tidak mempersiapkan modal dan mental dengan baik sebelum memulai bisnisnya. Mereka hanya memikirkan cara mendapatkan keuntungan dengan cepat dan mudah, tanpa pernah mempersiapkan diri untuk menghadapi hambatan serta resiko bisnis yang dimungkinkan muncul di tengah perjalanan usaha. Hal inilah yang membuat sebagian besar pelaku bisnis rumahan, gagal membawa bisnisnya menuju kesuksesan. Agar Anda tidak termasuk orang yang gagal dalam mengembangkan bisnis rumahan, berikut kami informasikan apa saja kunci sukses bisnis rumahan yang bisa Anda jalankan. Awali dengan penuh keyakinan Modal utama yang dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan bisnis rumahan adalah tekad dan keyakinan Anda dalam memulai usaha. Adanya keyakinan penuh, dapat memotivasi diri Anda untuk mengalahkan rasa takut akan kegagalan bisnis. Keyakinan juga akan membuat Anda semakin fokus menjalankan usaha yang ingin Anda bangun. Mulailah dengan passion Langkah awal Anda menuju kesuksesan adalah menekuni apa yang menjadi passion Anda. Begitu juga dengan menjalankan bisnis rumahan, pilih peluang bisnis yang benar-benar Anda cintai. Dengan menekuni bisnis sesuai dengan minat dan bakat Anda, maka secara tidak langsung Anda akan mengerjakan semua kegiatan bisnis dengan total. Dari mulai perencanaan bisnis, kegiatan operasional bisnis, sampai rencana pengembangan bisnis yang semuanya dikerjakan dengan tuntas. Jika Anda tidak menikmati bisnis yang Anda jalankan, bisa dipastikan bisnis tersebut tidak akan bertahan lama dan jauh dari kata sukses. Tentukan impian yang menjadi tujuan bisnis Anda Seperti halnya menjalani hidup, menjalankan bisnis rumahan juga mengharuskan Anda untuk menentukan tujuan bisnis Anda. Meskipun bisnis Anda dijalankankan di rumah, namun Anda harus memiliki planning untuk jangka pendek dan impian jangka panjang yang harus Anda capai. Dengan begitu Anda akan menjalankan bisnis dengan penuh semangat dan antusias untuk mencapai target-target yang telah Anda tentukan. Tekun, disipiln, dan pantang menyerah “Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ketepian” istilah tersebut memberitahukan kepada Anda bahwa untuk mencapai suatu kebahagiaan dibutuhkan adanya kerja keras terlebih dahulu. Begitu pula dalam memulai bisnis rumahan, untuk mencapai kesuksesan kita dituntut untuk bekerja keras dan tekun menjalankan bisnis, disiplin dalam melaksanakan operasional usaha, serta pantang menyerah dalam menghadapi semua hambatan dan kendala usaha. Tingkatkan pengetahuan dan ketrampilan Anda Untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin berkembang, sebaiknya tingkatkan pengetahuan dan ketrampilan Anda untuk menunjang pertumbuhan usaha. Bukan hanya pengetahuan dan ketrampilan dalam mengelola usaha saja yang dibutuhkan, namun juga ketrampilan melihat peluang pasar, serta pengetahuan untuk menciptakan inovasi baru guna memenangkan persaingan pasar. Bangun brand bisnis Anda Walaupun Anda menjalankan bisnis di rumah, namun bukan berarti bisnis Anda tidak bisa dikelola secara professional. Mulailah untuk membangun brand bisnis yang baik dimata para konsumen. Sebab, dengan brand Anda bisa menarik konsumen mengenal bisnis rumahan yang Anda jalankan. Sehingga mereka tidak ragu untuk lebih loyal pada produk-produk yang Anda pasarkan. Kunci kesuksesan bisnis rumahan sebenarnya ada di tangan Anda (para pelaku usaha), karena itu yakinkan diri Anda untuk memulainya dengan niat dan tekad yang kuat. Dan pastikan bisnis rumahan Anda dikelola secara professional, agar hasil yang diperoleh juga bisa maksimal. Semoga informasi tips bisnis untuk pekan ini bisa bermanfaat bagi Anda pelaku usaha dan calon pelaku usaha. Salam sukses. Sumber http://bisnisukm.com

Read More..

Motivasi Diri, Ubah Kelemahan Jadi Kekuatan

Mungkin sebagian besar para pembaca sudah tidak asing lagi dengan istilah “tak ada gading yang tak retak”. Ya, istilah itu sering digunakan masyarakat kita untuk menginformasikan bahwa di dunia ini tidak ada orang yang sempurna, pasti ada kekurangannya. Memang benar istilah tersebut, namun bukan berarti Anda memiliki alasan untuk tidak memperbaiki kekurangan dan tidak mendekati kesempurnaan bukan? Sebagian besar orang akan lebih mudah menuliskan kekurangan yang mereka miliki daripada menuliskan kekuatan apa saja yang ada dalam dirinya. Walaupun setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan berbeda-beda, namun hampir semuanya merasa kesulitan bila mereka ditanya mengenai kekuatan yang dimiliki. Keadaan inilah yang sebenarnya menjadi kelemahan utama Anda. Sebab, selama ini Anda terlalu fokus memikirkan kekurangan yang ada tanpa memperhatikan kekuatan yang bisa Anda manfaatkan untuk mengubah semua kekurangan tersebut menjadi prestasi baru yang menguntungkan. Sebenarnya mengetahui kekurangan dalam diri kita bukanlah hal yang buruk, bahkan akan menjadi poin positif bila kita memanfaatkan informasi tersebut sebagai motivasi untuk membangun kekuatan. Lalu, bagaimana caranya mengubah kekurangan menjadi kekuatan? Pertama, belajarlah dari kekurangan Anda. Bila Anda sudah mengetahui kekurangan-kekurangan yang ada dalam diri Anda. Maka sekarang saatnya Anda mengubah kekurangan tersebut menjadi kekuatan bagi diri Anda. Bila Anda merasa tidak memiliki keahlian tertentu untuk memulai usaha, tidak ada salahnya bila Anda mengikuti kursus keterampilan yang Anda minati, mengikuti pelatihan bisnis dari entrepreneur yang sukses dibidangnya, atau menambah pengetahuan dari buku-buku. Jangan hanya terpaku pada kekurangan Anda, paksakan diri untuk mempelajarinya dan ubah yang dulunya “tidak bisa” menjadi “bisa”. Karena semua masalah yang muncul, selalu dilengkapi dengan solusi. Kedua, fokus pada kekuatan bukan kekurangan. Kebanyakan orang hanya fokus pada kekurangannya saja, saya tidak bisa ini dan saya juga tidak terbiasa itu. Hal itulah yang perlu Anda ubah dari sekarang. Ketahuilah bahwa satu kekuatan diri yang Anda kembangkan dengan fokus, bisa menghapus sepuluh kekurangan yang Anda miliki. Seperti layaknya memulai bisnis, banyak orang lebih fokus memikirkan kekurangan teknis saja dan mengesampingkan kekuatan non-teksnis yang sebenarnya mereka miliki. Padahal bila mereka fokus memperkuat niat dan tekad untuk memulai usaha, maka tidak menutup kemungkinan semua urusan teknis bisa mereka selesaikan dengan baik. Ketiga, motivasi diri Anda untuk mencapai goal. Biasakan memotivasi diri untuk segera mencapai impian besar yang Anda cita-citakan selama ini. Bayangkan keuntungan-keuntungan yang akan Anda peroleh, setelah mencapai impian besar tersebut. Dengan demikian Anda tidak akan mudah menyerah dengan kekurangan yang ada, dan lebih fokus mencapai goal yang telah ditetapkan. Jangan biarkan kekurangan-kekurangan tersebut menghambat Anda mencapai kesuksesan yang telah Anda impikan selama ini. Yakinkan diri Anda untuk memulainya dari sekarang, dan pastikan untuk melihat kekurangan Anda bukan hanya dari sisi buruknya saja. Lihatlah kekurangan Anda untuk membangkitkan motivasi diri Anda, agar bisa lebih baik kedepannya. Semoga motivasi diri, ubah kelemahan jadi kekuatan ini, memberikan inspirasi baru bagi Anda yang masih takut dan ragu untuk memulai usaha. Salam sukses. sumber http://bisnisukm.com

Read More..

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Rumahan?

Tak bisa dipungkiri bila menjalankan bisnis, memberikan keuntungan besar bagi pelaku usahanya. Hal inilah yang memotivasi sebagian kecil masyarakat untuk memilih menjalankan usaha, dibandingkan harus bekerja menjadi seorang karyawan. Namun sayangnya, sampai saat ini jumlah masyarakat yang berani menjalankan bisnis tidak sebanding dengan minat masyarakat yang ingin menjadi karyawan. Mereka selalu menganggap bahwa menjalankan bisnis itu butuh modal besar dan resiko kegagalannya lebih besar. Sehingga mereka memilih jalan aman, dengan menjadi seorang karyawan. Tahukah Anda bahwa alasan-alasan tersebut yang menjadi penghambat Anda meraih sukses? Sebenarnya tidak semua bisnis membutuhkan modal besar, Anda bisa memulainya dengan menggunakan potensi yang ada di sekitar Anda sebagai modal usaha. Bila Anda tidak memiliki modal besar, salah satu peluang bisnis yang bisa Anda coba yaitu bisnis rumahan. Memulai bisnis kecil-kecilan dari rumah, bisa membantu Anda menekan biaya operasional sehingga resiko kerugian juga bisa diminimalisir. Untuk membantu Anda agar tidak takut memulai usaha, berikut kami informasikan tips bagaimana cara memulai bisnis rumahan yang bisa Anda coba. Sebelum memulai usaha rumahan, pastikan semua persiapan sudah siap. Mulai dari memilih ide bisnis yang akan dijalankan, persiapkan lokasi yang ingin Anda gunakan (bisa di rumah atau sewa tempat yang tidak jauh dari rumah), target pasar bisnis Anda, sampai peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha. Sehingga bisnis rumahan yang Anda jalankan, dapat berjalan dengan lancar. Gali segala potensi yang bisa Anda manfaatkan untuk memulai bisnis rumahan. Gunakan fasilitas yang sudah ada di rumah, dan hindari pembelian fasilitas baru yang tidak terlalu dibutuhkan. Utamakan untuk membeli perlengkapan yang produktif, untuk meminimalisir biaya operasional. Walaupun usaha Anda dilakukan di rumah, namun kelola bisnis tersebut secara professional. Tentukan beberapa jam Anda menjalankan bisnis, serta bedakan jam kerja dan jam untuk mengurus keluarga. Selain itu, hal yang tidak kalah penting yaitu memisahkan uang usaha dengan uang keluarga. Kelalaian pelaku usaha yang paling sering adalah menggabungkan uang usaha dan uang pribadi, jadi perkembangan usaha juga terhambat. Jika Anda membutuhkan tenaga kerja untuk membantu operasional usaha, lebih baik rekrutlah masyarakat yang ada di sekitar Anda. Misalnya saja anggota keluarga atau tetangga rumah Anda, hal ini akan memudahkan Anda dalam membangun kerjasama tim. Meskipun dari lingkungan terdekat, namun tetap lakukan seleksi untuk mendapatkan karyawan yang benar-benar berkualitas. Selanjutnya yang harus Anda pikirkan adalah strategi pemasaran produk. Anda bisa mulai memasarkannya dengan promosi yang tidak memakan banyak biaya namun cukup efisien. Misalnya saja dengan menawarkan door to door pada tetangga rumah, atau membawa produk Anda setiap Anda keluar rumah. Seperti saat mengikuti arisan, kumpul keluarga, atau saat mengantar dan menjemput anak sekolah. Mempromosikan produk Anda dari mulut ke mulut, bisa Anda jadikan sebagai langkah awal mengenalkan produk. Sebelum akhirnya Anda mengembangkan pasar yang potensial. Action!!!! Setelah semua perencanaan tersusun dengan matang, selanjutnya adalah LAKUKAN. Jangan hanya besar angan tapi NOL tindakan, kesuksesan memulai bisnis rumahan tidak dapat terwujud jika Anda tidak berani mencoba. Lebih baik gagal dalam melangkah, daripada gagal untuk mencoba. Itu dulu tips bisnis rumahan dari kami, semoga bisa membantu Anda yang ingin memulai usaha dari rumah. Jangan terbiasa menjadi penonton, buatlah sejarah agar Anda bisa menjadi panutan. Yakinkan diri Anda untuk mulai Action dari sekarang, karena tidak menutup kemungkinan bisnis rumahan bisa mengantarkan Anda menjadi jutawan. Selamat mencoba dan salam sukses. Sumber http://bisnisukm.com

Read More..

Mengubah Mindset Karyawan Menjadi Pengusaha

Menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur sukses memang butuh proses yang tidaklah instan, bisa jadi waktunya cukup panjang. Banyak hal-hal baru yang bisa jadi tidak diduga sebelumnya, yang muncul ketika kita terjun langsung kedalam dunia bisnis. Orang bilang bisnis itu ya Untung, ya Rugi. Bisnis itu penuh resiko, klo kita gak pintar, jangan berbisnis, bisa-bisa bukan “Untung” tetapi “Buntung”. Hal inilah yang membuat sebagian besar orang pada akhirnya tidak berani mengambil resiko, untuk meraih kesuksesannya dengan berbisnis. Apalagi jika melihat pola pikir masyarakat di Indonesia yang sampai saat ini masih sangat terpaku dengan mimpi mereka menjadi seorang karyawan di perusahaan bonafit, atau menjadi pegawai negeri sipil (PNS) yang bisa memberikan jaminan kecukupan di hari tua. Apakah mimpi Anda juga hanya sebatas itu? Teramat sayang jika mimpi besar Anda hanya menjadi seorang karyawan, ada pepatah mengatakan “ Gantungkan cita-citamu setinggi langit” bukan gantungkan cita-citamu setinggi eternit!!! Biasakan tidak membatasi pola pikir Anda dengan cita-cita kecil (setinggi eternit) sebagai karyawan saja, namun ubah mindset Anda untuk memiliki mimpi besar (setinggi langit) dengan menjadi pengusaha. Lalu, bagaimana caranya mengubah mindset karyawan menjadi pengusaha? Tentu ini bukan pekerjaan mudah, karena pola pikir kita sejak dulu sudah dibentuk untuk menjadi seorang karyawan. Orang tua mana yang tidak bangga bila anak-anaknya bekerja di perusahaan bonafit, atau di instansi pemerintahan, sehingga secara otomatis pola pikir kita mulai terbentuk untuk menjadi seorang pegawai. Belum lagi instansi pendidikan di negara kita yang masih minim memberikan ilmu tentang kewirausahaan, sehingga mindset entrepreneur kita masih sangat kurang. Padahal dalam memulai usaha dibutuhkan dua faktor penting, yang pertama skill dan yang kedua adalah mindset entrepreneur. Dari faktor itulah, mengapa adanya mindset entrepreneur sangatlah penting dalam menjalankan bisnis. Sebab dengan mindset entrepreneur, seseorang akan termotivasi untuk selalu produktif dan melakukan inovasi-inovasi baru untuk menciptakan peluang usaha yang menguntungkan. Cara mudah untuk membentuk mindset entrepreneur bisa dilakukan dengan beberapa tahapan berikut. Pertama, lihatlah potensi diri Anda. Buat daftar potensi yang Anda punya, kemudian kembangkan semua potensi yang ada, untuk menciptakan inovasi baru. Kedua, belajarlah dari kisah para pengusaha sukses yang sudah berhasil mengembangkan bisnisnya dari nol. Dengan begitu Anda akan terinspirasi dan termotivasi untuk mengikuti jejak kesuksesan mereka dalam menjalankan bisnis. Ketiga, ikuti pelatihan, seminar atau sharing bisnis yang bisa membantu Anda mengetahui segala kelebihan dan kekurangan sumber daya, yang bisa Anda jadikan sebagai prospek bisnis. Bila perlu, lakukan kunjungan langsung untuk melihat proses operasional sebuah usaha. Dan yang paling utama dari ketiga langkah tersebut adalah Anda harus tetap “Action!”, karena tanpa action, maka mimpi kita tentu tidaklah akan menjadi sebuah kenyataan. Semoga tips motivasi bisnis untuk pekan ini bisa membantu Anda untuk mengubah pola pikir dari mimpi kecil, menjadi mindset entreprenenur dengan mimpi yang besar. Sebab, dengan skill yang mendukung dan pola pikir yang kuat, Andapun bisa menjadi seorang entrepreneur sukses. Yakinkan diri Anda untuk berani mengambil resiko, dan cobalah untuk memanfaatkan segala peluang usaha di sekitar Anda. Selamat mencoba dan salam sukses. sumber http://bisnisukm.com

Read More..

Kiat Sukses Mengembangkan UKM

Perkembangan teknologi dan pasar, ikut mengiringi laju pertumbuhan UKM di Indonesia saat ini. Setiap harinya muncul berbagai UKM baru yang cukup berpotensi, untuk ambil bagian meramaikan persaingan pasar. Namun yang masih disayangkan adalah, tidak semua UKM yang muncul bisa sukses menghadapi persaingan pasar. Motivasi yang mendorong sebagian besar orang menjalankan usaha kecil menengah yaitu untuk memperoleh penghasilan ataupun keuntungan. Sehingga meningkatnya pertumbuhan UKM ternyata tidak diimbangi dengan perkembangannya. Banyak pelaku usaha, yang belum optimal dalam menjalankan bisnisnya. Yang terpenting bagi mereka adalah bisnisnya masih bisa berjalan dan memberikan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Keadaan seperti itulah yang membuat beberapa UKM hanya jalan ditempat alias tidak berkembang, hingga akhirnya hilang begitu saja ditengah persaingan pasar yang semakin ketat. Padahal bila mereka mau mengelola usahanya dengan optimal, bukan tidak mungkin sebuah UKM dapat berkembang menjadi industri besar. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan motivasi bisnis para pelaku UKM dalam menjalankan usahanya. Mari kita bahas bersama mengenai beberapa kiat sukses mengembangkan UKM. Pertama sebagai pelaku UKM, Anda harus menyadari bahwa yang menjadi pemimpin perusahaan adalah Anda. Oleh sebab itu, jadilah pemimpin yang baik bagi usaha Anda sendiri. Layaknya pimpinan perusahaan besar, Anda sebaiknya juga memiliki visi dan misi serta segala rencana yang menjadi target usaha Anda. Jangan hanya menjalankan usaha dengan mengalir, tanpa tujuan atau target ke depan yang jelas. Kedua walaupun usaha Anda masih terbilang kecil, namun mulai sekarang belajarlah untuk mengelolanya secara profesional. Seperti halnya perusahaan besar, Anda juga memerlukan SDM yang membantu pelaksanaan usaha, sedangkan Anda selaku pimpinan bisa berkonsentrasi untuk merencanakan pengembangan usaha. Sehingga pembagian kerja lebih jelas, dan semuanya bisa terselesaikan lebih optimal. Ketiga pisahkan keuangan usaha dengan uang keluarga, ini yang cukup sering dilupakan para pemilik UKM. Sebagian besar pelaku usaha mencampur adukan uang usaha dengan uang pribadi, tak heran jika kadang uang usaha ikut termakan untuk keperluan pribadi atau juga sebaliknya. Untuk menghindarinya, pisahkan uang usaha dan uang pribadi Anda. Dan buatlah pembukuan untuk mencatat semua alur kas usaha, agar pendapatan yang masuk dan dana yang dikeluarkan bisa tercatat dengan rapi. Keempat salah satu hal penting dalam menjalankan bisnis adalah strategi pemasaran, hal tersebut juga sangat diperlukan dalam mengembangkan usaha kecil menengah. Buatlah strategi untuk mengenalkan produk atau jasa Anda kepada masyarakat luas. Misalnya saja dengan mencari lokasi usaha yang strategis, membuat merek atau logo produk, memasarkannya melalui internet, atau mengikuti event-event promosi yang bisa memperluas peluang pasar Anda. Kelima teruslah berinovasi untuk mengantisipasi persaingan pasar. Kondisi pasar yang terus berubah, secara tidak langsung menuntut Anda untuk selalu memberikan inovasi baru pada produk maupun jasa yang Anda tawarkan. Ini dilakukan agar produk-produk tersebut tidak kalah bersaing dengan produk para pesaing. Bila perlu ciptakan produk yang unik dan belum ada di pasaran, untuk memenangkan persaingan pasar. Keenam yang terakhir adalah melengkapi usaha Anda dengan badan hukum. Bagi Anda yang menciptakan produk baru, sebaiknya penemuan Anda dilengkapi dengan HKI (Hak atas Kekayaan Intelektual). Sehingga produk Anda terlindung dari kemungkinan duplikasi oleh pengusaha lain. Meskipun saat ini Anda menjalankan usaha kecil, namun bukan berarti impian Anda untuk mengembangkan usaha juga harus kecil. Semoga dengan adanya informasi tips bisnis ini, bisa memberikan motivasi bagi para pembaca khususnya para pelaku UKM untuk selalu optimal dalam mengembangkan usahanya. Selalu ada kesuksesan, bila Anda mau berusaha mencapainya. Salam sukses. Sumber http://bisnisukm.com

Read More..

Plus Minus Franchise Makanan ala Gerobak

Berbicara mengenai perkembangan bisnis franchise di Indonesia, investasi di bidang kuliner memang masih menjadi primadona bagi para investor yang tertarik dengan sistem kemitraan. Besarnya prospek bisnis makanan yang tak pernah abis ditelan zaman, serta praktisnya pengelolaan bisnis dengan sistem kemitraan. Membuat sebagian besar masyarakat tertarik menginvestasikan modal yang mereka miliki untuk begabung dengan perusahaan lokal maupun asing yang menyelenggarakan berbagai kemitraan. Beragam merek franchise pun kini mulai ditawarkan franchisor kepada para calon mitra, dari mulai investasi waralaba yang bernilai milyaran rupiah, sampai kemitraan ala gerobak yang bisa dijangkau para mitra dengan biaya yang tidak terlalu besar. Dan ternyata dari berbagai kemitraan yang ditawarkan, sistem franchise makanan ala gerobaklah yang berhasil memberikan daya tarik terbesar bagi para masyarakat, sehingga tidak sedikit para franchisor yang berhasil menggaet ratusan mitra dengan sistem kemitraan tersebut. Meskipun perkembangan pasar franchise saat ini cukup besar, namun ada baiknya jika Anda mengetahui plus minus franchise makanan ala gerobak yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan, sebelum akhirnya memilih sebuah merek franchise yang akan Anda tekuni. Kelebihan : Franchise makanan ala gerobak investasinya cukup murah dan bisa balik modal dengan cepat. Biasanya para franchisor menawarkan kemitraan ala gerobak dengan investasi mulai dari dua juta rupiah sampai belasan juta rupiah. Selain itu sistem kemitraan ini balik modalnya juga terbilang cepat, rata-rata para franchisor memberikan jaminan kepada para mitranya dengan jangka waktu balik modal kurang dari satu tahun. Tak heran jika banyak orang tertarik dengan kemitraan ala gerobak ini, karena keuntungan yang ditawarkan cukup menggiurkan. Persiapan usaha mudah. Pada umumnya kemitraan ala gerobak hanya membutuhkan lokasi usaha yang strategis, sedangkan untuk peralatan dan bahan baku awal semuanya disupport oleh franchisor. Sehingga para mitra hanya perlu mempersiapkan lokasi usaha, dan calon tenaga kerja saja. Selebihnya ditanggung oleh perusahaan yang menyelenggarakan kemitraan. Minim biaya operasional. Dengan sistem gerobak, para mitra tidak membutuhkan lokasi usaha yang besar, sehingga biaya sewanya juga tidak terlalu mahal. Sebagai gambaran, para mitra bisa menyewa lokasi sekitar 2-3 m2 di depan minimarket atau di pinggir jalan yang ramai dilalui orang. Disamping itu, kemitraan gerobak juga tidak membutuhkan banyak tenaga kerja. Paling banyak hanya mempekerjakan dua orang tenaga kerja saja. Jadi, setiap bulannnya tidak memakan biaya operasional yang terlalu besar. Kekurangan : Produk yang ditawarkan kurang menarik. Meskipun saat ini banyak franchisor yang mewaralabakan bisnisnya, namun tidak semua produk yang ditawarkan berhasil menarik minat konsumen. Selama ini produk kemitraan yang ditawarkan para franchisor adalah produk makanan yang sudah umum dipasaran. Seperti burger, kebab, fried chicken, serta teh kemasan yang sebenarnya sudah banyak ditawarkan dengan berbagai merek. Karena itu sebelum bergabung dengan sebuah kemitraan, pastikan untuk memilih produk yang benar-benar berkualitas dan memiliki potensi pasar cukup bagus. Kontrol bisnis yang masih lemah. Perkembangan jumlah mitra yang semakin meningkat, ternyata tidak selalu berdampak baik bagi para mitranya. Terutama bagi mitra yang lokasinya cukup jauh dengan franchisor, bisa dipastikan operasional bisnis mereka tidak bisa terkontrol dengan baik. Oleh karena itu, walaupun ada franchisor yang akan membantu Anda dalam menjalankan usaha, namun jangan sepenuhnya bergantung kepada mereka. Belajarlah menjalankan usaha secara mandiri, dengan bimbingan dari franchisor Anda. Komitmen para mitra kurang kuat. Murahnya biaya investasi yang ditawarkan para penyelenggara kemitraan ala gerobak, membuat sebagian besar para mitra menjadikan usaha tersebut sebagai ajang coba-coba. Sehingga mereka tidak menjalankan kemitraan dengan serius, dan akan meninggalkan kemitraannya bila omset yang dihasilkan ternyata tidak bisa optimal. Kondisi ini tentunya akan merugikan franchisor dan mitra lainnya, sebab hal tersebut membuat citra sebuah franchise dipandang kurang berkualitas oleh para konsumen. Persiapan franchisor yang kurang matang. Sekarang ini tidak hanya para mitra saja yang menjalankan bisnis franchise dengan coba-coba, tidak sedikit para franchisor yang menawarkan sistem kemitraannya dengan perencanaan yang kurang matang. Sehingga kemitraan tersebut tidak dapat berjalan dengan lancar, dan akhirnya hanya kandas di tengah persaingan bisnis waralaba yang kian tinggi. Maka dari itu sebagai calon investor yang tertarik dengan peluang bisnis waralaba. Sebaiknya pelajari terlebih dahulu semua penawaran yang Anda dapatkan dari para franchisor, dan pastikan bahwa kemitraan tersebut telah dijalankan secara serius oleh pemiliknya sehingga prospek pasar yang ditawarkan memang benar-benar bagus. Demikian tips bisnis yang dapat kami informasikan untuk pekan ini, semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca dan membantu para calon investor yang sedang mencari peluang bisnis waralaba. Selamat mencoba dan salam sukses. Sumber http://bisnisukm.com

Read More..

Rahasia Sukses Menjadi Expert

Banyak orang berharap bahwa dirinya mampu mencapai taraf seorang yang Profesional dalam bekerja. Sebuah pengharapan yang cukup apresiatif tentunya, disaat banyak pekerja yang ada saat ini hanya berfikir bagaimana saya bisa bekerja, bagaimana diakhir bulan menerima gaji, dan mencukupkan diri dengan datang tepat waktu dan pulang tepat pada waktunya. Hasil pekerjaan? Jangan ditanya, tentunya bisa dipastikan hasil pekerjaannya pun hanya sebatas formalitas pekerjaan yang kualitasnya cuma pas-pasan. Muncul anggapan dimasyarakat saat ini, bahwa para pegawai di instansi pemerintahan memiliki motivasi kerja yang tidak begitu maksimal sebagaimana yang terjadi di perusahaan swasta. Namun di perusahaan pun tidak serta merta lepas dari adanya individu atau personal yang berperilaku sama. Permasalahan yang ada sebenarnya terletak pada bagaimana culture/ budaya kerja yang ada di tempat kerja tersebut. Bagaimana budaya kerja perusahaan maupun peraturan internal yang ada di perusahaan mampu memotivasi diri pekerja, karyawan, dan mampu menciptakan sebuah kondisi yang kondusif untuk tumbuhnya profesionalitas kerja seorang karyawan. Namun apakah bekerja secara Profesional itu cukup? Ternyata bekerja secara profesional saja tidaklah cukup. Bekerja secara profesional hanyalah menghasilkan sebuah pekerjaan yang sesuai dengan harapan perusahaan dan sesuai standar pada umumnya, tanpa memiliki nilai tambah. Bekerja secara profesional adalah bagaimana kita bekerja dengan mengikuti segala prosedur SOP kerja yang ada, aturan main yang ada di perusahaan, dengan target hasil yang telah ditentukan sebelumnya. Tidakkah terfikir oleh Anda untuk menaikkan kapasitas diri Anda menjadi seorang Expert (Ahli)? Ya, ternyata bekerja secara profesional saja tidaklah cukup. Masih ada lagi satu tahapan prestasi kerja yang perlu kita raih selama ini yaitu bagaimana agar diri kita mampu mencapai taraf menjadi seorang Expert atau seorang yang ahli. Lalu bagaimana agar diri kita mampu menjadi seorang yang Expert? Pertama, cintai pekerjaan Anda. Bisa dipastikan bahwa orang-orang yang expert adalah orang yang sangat mencintai pekerjaan mereka. Karena itu, mulailah segala sesuatu dari hal-hal yang Anda minati. Dengan begitu, Anda tidak akan pernah terbebani dalam menjalankan segala rutinitas di bidang tersebut. Sehingga loyalitas kerja Anda juga akan tetap terjaga setiap harinya. Kedua, gunakan rumus deep practise x 10.000 jam. Jika Anda telah menentukan bidang apa yang Anda cintai, selanjutnya tingkatkan kemampuan Anda dibidang tersebut. Menjadi orang yang expert memang tidak bisa dilakukan dengan cara yang instan. Maka tak heran bila banyak orang mengatakan bahwa untuk bisa expert, dibutuhkan waktu 10.000 jam untuk rutin mengasah suatu kemampuannya hingga bisa dikatakan ahli dibidang tersebut. Ketiga, buatlah impian besar yang ingin Anda raih. Orang-orang expert selalu memiliki mimpi besar dalam hidupnya. Hal inilah yang membedakannya dengan orang-orang profesional. Jika orang professional lebih mementingkan mimpi-mimpi jangka pendek, sesuai dengan batas jam kerjanya. Maka orang-orang expert selalu memiliki mimpi besar untuk jangka panjang mereka. Sehingga tak jarang orang expert bisa lebih loyal dengan pekerjaannya, karena mimpi besar yang ingin diraihnya. Demikian informasi rahasia sukses menjadi expert, yang dapat kami bagi pada kesempatan kali ini. Semoga dapat menjadi motivasi bagi kita semua agar bagaimana diri kita ini mampu menjadi seorang yang profesional untuk kemudian bertransformasi menjadi seorang expert dengan adanya ketekunan dan bertambahnya jam terbang yang kita miliki. Sumber :http://bisnisukm.com

Read More..

Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan

Keberadaan karyawan tentunya menjadi salah satu poin penting ketika Anda menjalankan sebuah usaha. Berbagai pekerjaan operasional maupun manajerial akan terasa lebih ringan, dengan adanya dukungan dari para karyawan. Sebagai pelaku bisnis yang didukung oleh para karyawan, sudah sepantasnya bila Anda terus membangun hubungan baik antara karyawan dan perusahaan yang Anda pimpin. Karena bagaimanapun juga, keberadaan mereka memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap kesuksesan bisnis yang Anda bangun. Pentingnya peran karyawan terhadap perkembangan usaha, mendorong sebagian besar pemimpin perusahaan untuk selalu memotivasi para karyawan agar bisa bekerja secara optimal. Sebab, semakin bagus performa yang diberikan para karyawan, maka semakin besar pula peluang bagi sebuah bisnis untuk mencapai kesuksesannya. Lalu, langkah apa saja yang bisa digunakan para pemimpin untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan? Tingkatkan motivasi kerja karyawan melalui training Terkadang menekuni sebuah pekerjaan yang sama setiap harinya, membuat sebagian besar karyawan merasa jenuh dan bosan. Dampaknya, motivasi karyawan akan turun sehingga mereka tidak bekerja secara optimal. Karena itu untuk mengembalikan motivasi karyawan, Anda perlu mengadakan training khusus bagi para karyawan. Misalnya saja mengadakan pelatihan untuk meningkatkan ketrampilan kerja mereka, atau sekedar training untuk membangun kembali motivasi karyawan yang mulai turun. Berikan reward bagi karyawan yang berprestasi Tidak ada salahnya jika Anda memberikan reward khusus bagi karyawan yang berprestasi. Bisa berupa bonus atau insentif, maupun berupa hadiah kecil yang bisa mewakili ucapan terimakasih perusahaan atas prestasi para karyawan. Cara ini terbukti cukup efektif, sehingga karyawan lebih bersemangat untuk memberikan prestasi-prestasi berikutnya bagi perusahaan. Lakukan pendekatan untuk mengoptimalkan kinerja karyawan Sebagai pemimpin perusahaan, Anda juga perlu melakukan pendekatan pada para karyawan Anda. Bila perlu kenali kelebihan dan kekurangan yang dimiliki masing-masing dari mereka, sebab hal ini akan memudahkan Anda untuk mengevaluasi perkembangan setiap karyawan. Mana karyawan yang memiliki prestasi kerja cukup bagus, dan mana karyawan yang membutuhkan dukungan Anda untuk mencapai keberhasilan seperti rekan-rekan lainnya. Tentu dengan pendekatan tersebut, Anda dapat membantu karyawan yang kesulitan mengerjakan tugasnya untuk bisa berhasil meraih prestasi seperti karyawan lainnya. Adakan kegiatan khusus untuk membangun kekeluargaan antara karyawan dan perusahaan. Membangun kekeluargaan antara pihak karyawan dan pemilik usaha, menjadi langkah jitu untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan. Dengan kekeluargaan yang kuat, mereka akan ikut merasakan kepemilikan perusahaan tersebut. Sehingga loyalitasnya untuk bersama-sama membesarkan perusahaan semakin meningkat. Adakan acara pertemuan rutin setiap bulannya, yang bisa mengakrabkan semua karyawan di perusahaan Anda. Lingkungan kerja yang hangat dan akrab, akan membuat karyawan merasa nyaman dalam menjalankan pekerjaannya. Semoga setelah membaca tips bisnis tentang cara meningkatkan motivasi kerja karyawan, Anda bisa mendapatkan inspirasi baru untuk membantu para karyawan bekerja secara optimal. Semoga bermanfaat dan salam sukses. Sumber :http://bisnisukm.com

Read More..

Peran Team Work dalam Membangun Bisnis

Bahwa membangun sebuah bisnis, sama halnya dengan membangun sebuah rumah. Untuk membangun rumah yang kokoh dibutuhkan pondasi bangunan yang kuat serta tiang-tiang penyangga yang tegak. Begitu pula dalam membangun bisnis, dibutuhkan visi yang kuat sebagai pondasi dasar, dan team wrok yang solid sebagai tiang penyangga untuk mencapai kesuksesan bisnis yang telah ditargetkannya. Tak bisa dipungkiri bila keberadaan team work memang sangat penting dalam membangun sebuah bisnis. Bahkan bisa dikatakan, maju tidaknya sebuah bisnis sangat dipengaruhi oleh team work yang ada di dalamnya. Semakin solid team yang mendukung sebuah bisnis, maka akan semakin besar pula peluang sukses yang dimiliki bisnis tersebut. Dan begitu juga sebaliknya, bila team di dalamnya tidak solid dan bekerja sendiri-sendiri, bisa dipastikan bisnis tersebut tidak bisa bertahan lama menghadapi persaingan dunia bisnis yang selalu meningkat setiap harinya. Meskipun membangun team work yang solid merupakan langkah penting dalam membangun sebuah bisnis, namun untuk menciptakannya di tengah lingkungan kerja bukanlah perkara yang mudah. Karena menyatukan sifat dan karakter dari setiap individu yang berbeda menuju satu tujuan yang sama, membutuhkan tenaga, strategi dan waktu yang tidak sebentar. Hal inilah yang membuat para pemimpin perusahaan maupun manajer sering mengadakan kegiatan khusus bagi para karyawannya, untuk meningkatkan solidaritas dan kerjasama antar personal. Kira-kira apa saja yang perlu diperhatikan untuk membangun team work handal? Berikut kami informasikan beberapa tips bisnis yang diperlukan untuk membangun team work. Pilih anggota tim yang berkualitas Hal pertama yang dibutuhkan untuk membangun sebuah tim yaitu memilih anggota yang benar-benar berkualitas. Dari mulai team leader yang memiliki jiwa kepemimpinan bagus, tim manajemen yang memiliki ide dan pandangan bisnis luas, sampai tim pelaksana yang memiliki keahlian dan pengetahuan di bidang bisnis yang Anda jalankan. Dengan demikian, semua anggota tim bisa saling mendukung dan berjalan bersama menuju cita-cita yang telah diimpikan. Satukan tujuan yang ingin dicapai Sebelum memulai sebuah tim kerja, pastikan seluruh anggota tim mengetahui tujuan yang sebenarnya ingin dicapai tim tersebut. Jadi, seluruh individu yang terlibat di dalamnya merasa memiliki satu tujuan yang sama, dan seluruhnya memiliki tanggungjawab sama besar untuk mencapai tujuan mereka. Cara tersebut juga akan memotivasi para anggota untuk saling berkoordinasi dan menjalankan peran masing-masing, sampai tujuan yang mereka cita-citakan bisa tercapai. Tumbuhkan kebersamaan dan kepercayaan dalam tim Anda Adanya dua hal ini, menjadi kunci utama bagi sebuah tim untuk tetap solid dalam mencapai tujuan bersama. Karena itu, usahakan untuk saling berbagi kepada rekan satu tim dalam keadaan senang maupun duka, serta tumbuhkan rasa saling percaya dan rasa kebersamaan untuk saling peduli dan bekerjasama demi terwujudnya tujuan yang dicita-citakannya. Lakukan perbaikan atau evaluasi secara berkala Kegiatan ini perlu dilakukan untuk mengetahui kinerja tim, kemampuan sebuah tim, serta keberhasilan-keberhasilan yang telah dicapai oleh tim tersebut. Dengan demikian kualitas sebuah tim akan semakin berkembang dengan adanya perbaikan dan evaluasi secara berkala. Semoga sedikit tips-motivasi bisnis tentang peran team work dalam membangun bisnis, bisa memberikan inspirasi bagi Anda untuk selalu meningkatkan kebersamaan dan solidaritas antar anggota tim guna membangun kerajaan bisnis Anda. Selamat mencoba dan salam sukses. Sumber :http://bisnisukm.com

Read More..